Sabtu, 26 November 2016

Ini dia Desktop OS yang “ngeTrend” dikalangan Developer 2016 ...



     Tahukah kalian bahwa untuk menghubungkan perangkat keras (hardware) ke pengguna, maka  sebuah komputer membutuh kan yang namanya sebuah Sistem Operasi . Sistem operasi merupakan perangkat lunak atau software  yang tugasnya itu memanajemen serta mengontrol perangkat keras sekaligus operasi-operasi dasar sistem. 

     Baru-baru ini situs nomor satu kumpulnya para “developer” yaitu Stack Overflow mengungkapkan data survei yang membuat kita sedikit kaget nih...Mengapa ? Menurut survei yang mereka lakukan ditahun 2016 ini, dengan membandingkan antara sistem operasi Windows,MAC OS X dan Linux , sebanyak 26,2% developer menggunakan MAC OSX sebagai sistem operasi utamanya.  Sedangkan Windows 7 berada diposisi kedua dengan 22,5% .
Survey yang dilakukan Stack Overflow
pada tahun 2016.
   
Pada survei 2015 Windows 7 yang menduduki posisi 
pertama dengan 33,8 % . Ditahun 2014 dan 2013 pun 
Windows 7 yang masih diminati.
     Oh iya buat yang penasaran dengan stack overflow , stack overflow itu adalah website untuk tanya jawab yang fokus kepada permasalahan teknis yang dihadapi programer. Stack Overflow juga menyebut survei ini sebagai “survei pengembang dengan cangkupan paling luas yang pernah dilakukan ” dimana melibatkan 56.000 coders dari 173 negara di dunia.  Dan yang lebih mencengangkannya lagi jika trend ini terus berlanjut, hanya seperdua dari jumlah developer yang akan menggunakan Windows OS pada tahun depan.



Beberapa alasan yang mendominasi MAC OS X lebih diminati oleh para developer ?


1. Securitas . Apple sangat lengkap menjelaskan detail keamanannya di situs web resminya. Dengan banyaknya fitur keamanan tersebut, pantas jika Mac lebih aman dari virus jika dibandingkan dengan Windows. Namun tidak dipungkiri bahwa MAC OSX juga bisa terkena yang namanya virus loh .


2. Kepuasan . Kebanyakan orang yang menggunakan MAC OSX dengan pengalaman lamanya menggunakan sistem operasi lain menyatakan bahwa ada kepuasan yang lebih dimana MAC OSX lebih cepat, lebih stabil, dan lebih jarang error. Karena Hardware dan Software Mac dirancang oleh satu perusahaan yang sama, yaitu Apple maka dalam hal pengontrolan lebih mudah dikendalikan.



3. Free Upgrade . Untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru pasti tiap OS akan mengarahkan penggunannya untuk mengupgrade OS yang sudah terpasang . Nah MAC OS juga secara detail memberi kemudahan pada pengguna untuk memperbaharui sistem operasi yang terbaru . Dan yang paling penting adalah It's Free !!! .




     Dulu sih memang pada awalnya MAC lebih identik dengan para desainer. Saat  dunia musik sedang naik daun, para komposer kebanyakan lebih suka menggunakan Mac karena lebih stabil. Namun lama-kelamaan Mac makin diminati oleh developer karena mereka membutuhkannya untuk membuat aplikasi Android, iOS, Web, dan bahkan Windows dengan menggunakan Boot Camp atau mesin virtual, sehingga banyak nih developer yang mulai beralih menggunakan MAC OS .

     Jadi tahun 2016 ini MAC OSX lebih diminati oleh para developer dalam melakukan pekerjaannya walaupun masih banyak juga developer yang menggunakan windows dan sistem operasi lainnya. Tentu saja setiap sistem operasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing , tergantung bagaimana kebutuhan dan kemampuan tiap developer. Kalo kalian masih pelajar dan  hanya bisa menggunakan windows ataupun OS lainnya , It's OK 👌

Yuk simak video berikut untuk menambah wawasan mu 👇


0 komentar:

Posting Komentar